Berkendara dengan Bus dari Surabaya ke Yogyakarta

Surabaya merupakan pusat Gerakan Kebebasan Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Sepintas kota ini memang sepertinya tidak begitu menarik bagi para wisatawan mancanegara karena sudah sejak lama mereka selalu menganggap Kota Surabaya hanya sebagai pintu gerbang masuk menuju ke Pulau Bali yang indah.

Namun, ketika Saya menginjakkan kaki di kota ini, Saya langsung merasa kagum pada tingkat urbanisasi yang telah dicapai oleh kota ini. Hal ini jelas terlihat dari penggunaan teknologi dan aktivitas pengembangan abad ke-21. Saat Anda tinggal lebih lama di kota ini, Anda akan menyadari bahwa penduduk di kota ini adalah populasi campuran yang terdiri dari orang-orang Indonesia, orang beragama Islam, orang Belanda dan juga orang Cina. Satu-satunya masalah yang melanda kota ini adalah lalu lintasnya yang terkenal sangat padat. Saat Anda berjalan di jalanan kota ini, Anda menyadari bahwa kota ini adalah perpaduan unik antara arsitektur kuno dan arsitektur modern yang menghasilkan pemandangan indah. Budaya yang ada di kota inilah yang membuat Saya tertarik untuk berkunjung sejak awal.

Saat Saya berada di kota ini, Saya mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti beberapa kebun raya yang sangat luas, Museum Sampoerna, beberapa Masjid, Gereja dan pasar-pasar sangat besar yang menjual berbagai jenis barang. Jadi jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang budaya Indonesia, Saya akan merekomendasikan Kota Surabaya sebagai salah satu kota yang perlu Anda kunjungi. Surabaya terdiri dari berbagai pilihan akomodasi mewah seperti Hotel Sheraton dan Hotel J W Mariott. Mungkin akan sulit bagi Anda untuk menemukan akomodasi hemat anggaran di sini karena ada banyak hotel mewah bintang 7 yang dibangun hampir di setiap jalan. Kamar deluxe akan menghabiskan biaya sekitar Rp 545.000,-. Tinggal lebih lama di kota ini mungkin akan menghabiskan uang lebih banyak lagi, jadi Saya memutuskan untuk melakukan tur singkat kota ini sepanjang hari dan langsung menuju ke tujuan berikutnya pada tengah malam.

Saya sudah memesan tiket bus dari website redbus.id begitu Saya tiba di Kota Surabaya dini hari. Saya menuju ke Kota Yogyakarta, yang masih merupakan kota yang relatif lebih kecil dan masih dalam tahap pengembangan. Kota ini tidak menarik banyak wisatawan untuk bepergian menuju Kota Yogyakarta sehingga Saya hanya bisa menemukan 2 operator bus di website Redbus. Jarak antara kedua kota ini sekitar 11 jam namun ternyata tiket bus cukup murah dan harganya terjangkau yaitu Rp 90.000,- per orang. Operator bus Eko memiliki sekitar 8 bus yang beroperasi dari Kota Surabaya ke Kota Yogyakarta. Bus paling pertama berangkat pada pukul 08.30 pagi hari dan akan ada bus yang berangkat setiap 3 jam. Karena itu, jika Anda bepergian dengan operator bus ini, Anda bisa memilih waktu yang nyaman antara pukul 20.30 dan pukul 22.30 malam hari. Karena Saya dalam perjalanan singkat ke kota Surabaya, Saya memutuskan untuk memesan tiket bus pukul 22.30 malam hari sehingga Saya bisa mempunyai cukup waktu untuk berwisata di Kota Surabaya dan kemudian langsung menuju ke Kota Yogyakarta. Rinjani adalah operator bus mewah yang juga beroperasi di antara kedua kota ini. Bagi mereka yang menyukai kemewahan, Rinjani adalah salah satu operator bus terbaik yang pernah Saya gunakan sebelumnya. Namun, mereka hanya mengoperasikan 2 bus setiap harinya yaitu pada pukul 19.00 malam hari dan yang lainnya pukul 21.00 malam hari. Tiket dengan operator bus ini memang sedikit lebih mahal karena mereka menawarkan berbagai fasilitas mewah di dalam bus.